Senin, 18 April 2016

tugas kewirausahaan observasi empal gentong Hj tasiyah



LAPORAN OBSERVASI KEWIRAUSAHAAN
(Empal Gentong Hj Tasiyah)


Disusun Oleh :
-Kelompok 3-
1.     Intan Rachmawati                      P2.06.37.1.15.014
2.     Karina Utami                              P2.06.37.1.15.015
3.     Ratna Widyasari                        P2.06.37.1.15.028
4.     Santi Susilawati                          P2.06.37.1.15.030
5.     Yuni Rizkiani                              P2.06.37.1.15.040



KEMENTRIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK KESEHTAAN TASIKMALAYA PROGRAM STUDI PEREKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN
2016

 

BAB I

PENDAHULUAN


A.    Latar belakang

Dengan dimulainya pasar bebas maka makin ketat pula persaingan didunia bisnis, baik itu untuk yang melakukan bisnis skala kecil, menengah sampai tinggi. Jika seorang pengusaha tidak dapat membaca peluang maka akan dipastikan jika bisnis yang ia lakukan akan mengalami banyak hambatan.
Salah satu pengusaha yang dapat membaca peluang yang baik adalah Hj. Tasiyah, beliau yang awalnya merupakan seorang penjual daging yang sukses mulai melirik untuk merintis usaha baru dengan memanfaatkan tren yang sangat menjamur kini, yaitu berjualan Empal Gentong
Empal gentong adalah makanan khas Cirebon yang sangat digandrungi oleh banyak orang, tidak jarang ketika akhir pekan tiba banyak pengunjung yang datang secara khusus dari luar kota khususnya daerah Bandung ,Jakarta dan sekitarnya berduyun duyun menyerbu sentra rumah makan  Empal gentong di Plered,Cirebon.
Hj. Tasiyah membidik tren ini sebagai suatu peluang usaha yang cukup meyakinkan, oleh karena itu pada tanggal 6 Juni 2015 ia memulai usaha membuka rumah makan empal gentong Hj. Tasiyah di Jalan Ir H Juanda Nomor  9, Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat.
Usaha ini dirintisnya sendiri dengan menggunakan modal yang cukup murah, karena ia memanfaatkan sumber daya yang sudah ia punya untuk melakukan usaha ini, contohnya adalah sebuah ruko yang ia sulap menjadi rumah makan empal gentong. Dengan dibantu oleh para pegawainya yang merupakan warga dilingkungannya itu sendiri ia yakin bahwa usaha empal gentong yang ia rintis akan semakin maju.

B.    Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan observasi yang dilakukan di Empal Gentong Hj. Tasiyah adalah :
1.     Memenuhi tugas Kewirausahaan
2.     Mengetahui jiwa enterpreneur yang baik dari pemilik Empal Gentong Hj. Tasiyah
3.     Mengetahui kiat-kiat sukses suatu perusahaan
4.     Mengetahui motivasi sebuah perusahaan
5.     Megetahui management produksi dan pemasaran di perusahaan Empal Gentong Hj. Tasiyah

C.    Manfaat Kegiatan

Manfaat yang kami dapatkan dari hasil wawancara dengan pemilik Empal Gentong Hj. Tasiyah adalah :
1.     Dapat mengetahui kiat-kiat sukses Empal Gentong Hj. Tasiyah.
2.     Dapat mengetahui  management prooduksi dari Empal Gentong Hj. Tasiyah
3.     Dapat Mengetahui Management pemasaran dari Empal Gentong Hj. Tasiyah
4.     Dapat mengetahui motivasi yang kuat yang dapat memajukan perusahaan










BAB II

PEMBAHASAN

 

A. Profile Perusahaan

Empal Gentong Hj. Tasiyah berada di Jalan Raya Ir. H. Djuanda No. 54 Batembat , Tengah Tani, Cirebon,Jawa Barat dengan Hj. Tasiyah sebagai pemilik sekaligus pendiri dari Empal Gentong Hj. Tasiyah. Rumah makan ini berdiri tanggal 6 Juni 2015.
Empal Gentong Hj. Tasiyah berdiri terinspirasi oleh Rumah makan H. Apud yang selalu ramai pengunjung dan sedang bumingnya makanan khas Cirebon yaitu empal gentong. Rumah makan ini menjadi sambilan pekerjaan ibu Hj. Tasiyah karena pekerjaan beliau yang utama adalah penjual daging sapi. Karena beliau penjual daging sapi, maka daging empal di rumah makan ini selalu fresh.
Pertama kali dibukanya rumah makan ini, pemilik rumah makan memberi diskon 30% untuk semua makanan dan minuman. Cara ini digunakan untuk menarik pengunjung untuk datang ke rumah makan ini. Selain itu pemilik rumah makan juga sudah memasang iklan di media seperti tv, radio,Koran dan Majalah untuk memasarkan rumah makannya ini. Tidak ada kendala dalam usaha rumah makan ini, karena pemilik rumah makan sudah meminta izin untuk usahanya, seperti izin bangunan , dinas kesehatan, dan jalan lalu lintas macet.
Rumah makan ini berdiri dengan modal pribadi. Memanfaatkan bangunan milik pribadi yang berada di pinggir jalan raya. Modal awalnya 5 sampai 10 juta untuk membeli  perabotan atau barang- barang seperti meja, dan kursi. Aset yang dimiliki oleh Rumah Makan Empal Gentong Hj. Tasiyah adalah Ruko 2 lantai milik pribadi, Meja dan kursi makan yang sanggup untuk menampung sampai 100 orang.
Dengan jumlah karyawan 10 orang, dengan 2 orang yang bertugas memasak dan 8 orang sebagai pelayan. Kasir sendiri biasanya dipegang oleh Hj. Tasiyah.

B.Manajemen Produksi

Empal Gentong Hj. Tasiyah dalam proses produksinya masih menggunakan teknik tradisional yaitu memproduksi Empal Gentong dengan menggunakan tenaga manusia. Pembuatan Empal Gentongnya sendiri dilakukan di rumah Empal Gentong Hj. Tasiyah setiap hari sebelum mereka buka.
Dalam sehari biasanya menghabiskan 10 Kg beras dan daging sapi maupun kambing. Selain bahan bahan tersebut untuk membuat empal gentong menggunakan bumbu rempah-rempah lainnya serta santan yang menjadikan rasa empal gentong semakin enak.
Bahan-bahannya antara lain=
1.       Santan kelapa kental yang diambil dari sekitar 7-10 butir kelapa
2.       Daun salam.
3.       Lengkuas yang sudah dimemarkan.
4.       Jahe.
5.       Serai.
6.       Cengkih
7.       Kayu Manis
8.       Bawang putih.
9.       Kunyit.
10.    Bawang merah.
11.    Ketumbar.
12.    Jinten.
13.    Kemiri.
14.    Kunyit.
15.    Kapulaga.
16.    Gula pasir.
17.    Daun Kucai.
18.    Garam .
19.    Minyak Goreng.
20.    Air.
Awalnya empal gentong dimasak menggunakan kompor didapur, namun setelah selesai dimasak didapur maka empal gentong tersebut dipindahkan ke gentong yang dibakar menggunakan kayu asam agar empal selalu hangat.
Umumnya setiap hari para pegawai yang bertugas untuk memasak bekerja selama 2 kali dalam sehari namun ketika akhir pekan tiba mereka bisa memasak 4 kali dalam sehari.

C. Manajemen Pemasaran

Dalam menjalankan usaha Rumah makan Hj. Tasiyah menggunakan strategi pemasaran seperti:
1.     Penentuan Pasar
Karena yang produk yang dijual oleh Empal gentong Hj. Tasiyah merupakan makanan, maka produk ini bisa dijual kepada seluruh pasar atau seluruh masyarakat.
2.     Perencanaan Produk
Hj. Tasiyah membuka rumah makan atau perusahaan yang bernama Empal Gentong Hj. Tasiyah sehingga beliau telah merencanakan produk utama atau menu utama yang akan dijual adalah empal gentong. Selain itu Hj. Tasiyah juga mebuat produk lain seperti empal asem, sate kambing, tongseng, dan lain-lain.
3.     Manajemen Harga
Harga yang ditetapkan oleh Hj. Tasiyah untuk seluruh menu atau produk yang dijualnya disesuaikan dengan bahan baku pembuatan menu tersebut itu sendiri.
4.     Komunikasi dan Promosi
Hj. Tasiyah melakukan  komunikasi dan promosi dengan media cetak seperti koran dan majalah, dan media telekomunikasi seperti radio dan televisi. Hal itu dilakukan oleh Hj. Tasiyah agar masyarakat mengetahui adanya rumah makan Empal Gentong khas Cirebon yang rasanya tidak kalah dengan empal gentong-empal gentong lainnya.
Selain itu, letak rumah makan Empal Gentong Hj. Tasiyah strategis, mudah dijangkau dan yang terpenting memiliki lahan parkir sehingga tidak menimbulkan kemacetan. Produk yang dijual oleh Hj. Tasiyah juga sangat bermutu karena daging yang dipakai merupakan daging segar.
Konsumen yang datang juga diberikan pilihan untuk makan di meja makan atau bisa lesehan, ruangannya pun dilengkapi AC dan kipas angin, sehingga kenyamanan konsumen terjamin.
Untuk tetap eksis dalam menjual empal gentong, Hj. Tasiyah membuat suatu inovasi seperti menu yang disajikan beragam sehingga konsumen tidak akan merasa bosan. Harga yang ditawarkan juga lebih murah dengan rumah makanempal gentong lainnya, karena Hj. Tasiyah menggunakan daging sapi dan kambing yang beliau potong sendiri sehingga harganya lebih murah dari yang lainnya.

D.       Manajemen Sumber Daya Manusia

Empal Gentong Hj. Tasiyah merekrut 10 karyawan tetapnya dengan cara memberdayakan masyarakat sekitar di tempat tinggalnya. Namun ketika seminggu sebelum dan sesudah hari raya Empal Gentong Hj. Tasiyah menambah karyawan sementara sebanyak 10 orang lagi. Dalam perekrutan pegawainya tidak ada kriteria dan jenjang karir tertentu, hanya yang dibutuhkan adalah skill kejujuran, tekun, sopan, loyal tehadap perusahaan, bisa berhitung dan membaca selain itu yang terpenting untuk karyawan perempuan harus menggunakan jilbab dengan pakaian yang sopan. Penilaian yang dilakukan oleh pemilik terhadap karyawan dengan melihat kinerjanya saja. Jika kinerja karyawan menurun, maka pemilik melakukan pembicaraan kepada karyawan tersebut dengan cara kekeluargaan untuk mencari jalan tengahnya.
Hj. Tasiyah melakukan monitoring tempat secara langsung karena tempat tinggal beliau berdekatan dengan rumah makan Empal Gentong Hj. Tasiyah. Motivasi yang diterapkan antar karyawan adalah semangat dan selalu mensyukuri apa yang di dapat hari ini.
Jika ingin menjadi pengusaha langkah awal yang harus dimiliki adalah niat, kemudian relasi, pengalaman dan keahlian. Selain itu modal dan pengalaman yang harus balance.



BAB III

PENUTUP


A.Kesimpulan

Dari hasil observasi dan wawancara yang kami lakukan dapat disimpulkan bahwa Empal Gentong Hj. Tasiyah terletak di Jalan Raya Ir. H. Djuanda No. 54 Batembat , Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat dengan memperkerjakan 10 karyawan. Aset yang dimiliki perusahan yaitu lahan, Ruko 2 lantai yang mampu menampung 100 orang.
Bahan baku untuk membuat Empal Gentong Hj.Tasiyah antara lain daging sapi dan daging kambing segar yang langsung dipotong sendiri, santan kelapa dan bumbu rempah lainnya. Untuk mempertahankan mutu dan kualitas Empal Gentong Hj. Tasiyah menjaga kebersihan dan olahannya agar tetap higienis. Strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara yaitu dari mulut ke mulut serta menggunakan media cetak seperti koran dan majalah, media telekomunikasi seperti Radio dan Tv.

B. Saran

Dengan observasi yang telah dilakukan diharapkan mahasiswa mempunyai jiwa entrepreneurship, tekun, jujur, kreatif dan mau berusaha. Selain itu diperlukan juga skill dan relasi untuk membangun kerja sama dengan orang lain.









DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR................................................................................................. i
DAFTAR ISI........................................................................................................................ii
BAB III PENUTUP. 8












ii
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar